5 Wisata Gunung Yang Ditutup Saat Libur Lebaran

Selain bertemu dengan keluarga besar, waktu liburan di Lebanon juga bisa digunakan untuk berbagai hal. Misalnya, perjalanan dan hiking.

Berolahraga sambil menikmati panorama alam yang indah tidak diragukan lagi merupakan kegiatan yang menyenangkan dan sehat. Namun, karena dilakukan pada tanggal merah, ada baiknya untuk memeriksa waktu pembukaan dan penutupan rute gunung untuk mendaki.

Karena beberapa rute pendakian ditutup di Indonesia untuk menyambut liburan Idul Fitri. Nah, berikut ini adalah ringkasan dari 5 wisata gunung yang akan ditutup nanti di Idul Fitri:

Monte Gede Pangrango

Monte Gede Pangrango

Yang pertama adalah Monte Gede Pangrango, salah satu gunung yang cocok untuk pemula. Gunung yang naik ke 2.958 meter di atas permukaan laut ditutup selama seminggu dari 3 hingga 9 Juni 2019.

Pusat Taman Nasional Gunung Gede Pangrango mentransmisikan informasi tentang penutupan jalur hiking dalam konteks liburan bersama dengan Idul Fitri 1440 H, melalui surat edaran nomor SE.435 / BBTNGGP / BIDTEK / Tech .P2 / 42019, tentang penutupan kegiatan pendakian di Taman Nasional Monte Gede Pangrango.

Sirkular Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Foto: Dok. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Berdasarkan surat edaran, pendakian di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango adalah salah satu yang membawa risiko kecelakaan tinggi dan membutuhkan evakuasi dengan partisipasi petugas, relawan dan pihak lain. Karena itu, diputuskan bahwa jalur pendakian Gunung Gede Pangrango ditutup sementara.

Selain Gunung Gede Pangrango, gunung berapi aktif di Indonesia, yang disebut Merapi, juga akan ditutup selama liburan di Lebanon. Menurut surat edaran nomor PG 12 / BTNGM / Ren / 05/2019, kawasan Taman Nasional Gunung Merapi akan ditutup selama satu hari pada tanggal 5 Juni 2019 dan akan dibuka kembali seperti biasa pada hari berikutnya.

Objek wisata yang ditutup adalah Tlogo Muncar dan Tlogo Nirmolo, Kaliurang Pakem, Panguk dan Plunyon. Kemudian Kalikuning Cangkringan, Deles, Kemalang Klaten dan Jurang Jurang, Srumbung Magelang.

Monte Merbabu

Ketiga adalah Gunung Merbabu, yang juga akan ditutup sementara selama liburan di Lebanon. Rute hiking 3.145 meter di atas permukaan laut ditutup selama satu bulan, dari 20 Mei hingga 20 Juni 2019.

Alasan penutupan itu sendiri adalah karena BTNGM melakukan restorasi, perbaikan dan pemeliharaan ekosistem pada beberapa rute pendakian yang rusak.

Monte Prau

Diikuti oleh Gunung Prau yang akan menutup beberapa rute pendakian. Tiga rute pendakian akan ditutup, yaitu rute pendakian melalui Wates yang akan ditutup dari 4 hingga 6 Juni. Kemudian, rute Patak Banteng ditutup dari 2 hingga 5 Juni, dan akhirnya jalur Kalilembu ditutup pada 2 Juni hingga H + 2 Idul Fitri.

Jika mau tidak ada liburnya, bisa wisata rafting di malang. Berdasarkan surat edaran dari pengelola rute pendakian Gunung Prau melalui Patakbanteng, penutupan dilakukan untuk memperingati Idul Fitri. Sedangkan untuk rute lain, yaitu Dieng, Dwarawati, Ngelak, masih terbuka untuk pendaki.

Akhirnya, Gunung Sumbing, salah satu gunung paling populer di kalangan pendaki. Untuk menyambut liburan Lebaran, gunung ini di Jawa Tengah akan ditutup sementara.

Nantinya, rute pendakian Gunung Sumbing melalui Garung, Kecamatan Kebutuhan Desa Kalikajar, Kabupaten Wonosobo akan ditutup mulai 1 hingga 7 Juni 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *