Wisata Jogja Daerah Gunung Kidul

Wisata Gunung Kidul merupakan daerah wisata yang ada di Jogja yang terkenal dengan pesona pantainya yang indah. Sebagian besar wilayah Gunung Kidul merupakan pegunungan kapur dan perbukitan. Walaupun daerah perbukitan, wilayah ini sering terjadi kekeringan di musim kemarau.

Wilayah Gunung Kidul termasuk wilayah yang cukup luas bahkan mencapai 46.63% dari total wilayah di Yogyakarta. Wisata Gunung Kidul tidak hanya menampilkan pesona pantainya saja.

Karena termasuk daerah yang berada di pebukitan dan pegunungan, wilayah ini terdapat berbagai jenis Goa yang unik dan indah. Tidak jarang, goa-goa tersebut digenangi oleh air bawah tanah sehingga menambah kesan tersendiri jika berkunjug ke wisata daerah Gunung Kidul.

Goa Indah di Gunung Kidul

Liburan di Gunung Kidul tentu tidak akan lengkap jika tidak bermain ke salah satu goa yang indah dan bersejarah. Goa-goa yang ada memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri, untuk sampai disini Anda bisa menggunakan rental mobil jogja. Berikut beberapa gua yang keren yang ada di wisata Jogja daerah Gunung Kidul.

  1. Goa Rancang Kencono

Goa ini merupakan tempat bersejarah yang terkenal dengan ditemukannya berbagai artefak dan tulang manusia zaman dahulu. Goa ini dipercaya menjadi goa yang pernah dijadikan tempat untuk pertemuan dan perancangan dalam rangka melawan pasukan Belanda. Nama Rancang Kencono juga diambil dari kegiatan ini yang memiliki makna perancangan yang memiliki sifat mulia. Pada waktu itu, perancangan di pimpin oleh Laskar Mataram Kasultanan Yogyakarta.

  • Goa Gelatik

Goa ini terletak di desa Bajiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gunung Kidul, Yogyakarta yang berdekatan dengan Goa Pindul. Goa ini memiliki keindahan dan keunikan pada atap goa yang terdiri atas stalaktit dan stalakmit yang menakjubkan. Untuk meyelusuri gua dengan panjang 400 meter ini, Anda harus sedikit menunduk karena goa ini termasuk sempit.

  • Goa Pindul

Goa pindu merupakan wisata goa keren yang ada di daerah Gunung Kidul. Berbeda dengan goa yang lainnya, goa ini dialiri oleh sungai bawah tanah yang cukup dalam. Untuk menelusuri goa sepanjang 300 meter, Anda harus menggunakan ban maupun perahu bermotor. Sepanjang menyelusuri, tidak hanya merasakan sensasi air goa, mata Anda juga akan di manjakan dengan keindahan luar biasa dari stalaktit dan stalagmit dari Goa Pindul.

  • Goa Braholo

Tidak kalah dengan Rancang Kencono, Goa Braholo juga sangat terkenal sebagai goa yang bersejarah. Pasalnya, pada goa ini ditemukan beberapa fosil dan artefak manusia purba secara utuh. Oleh karena itu, goa ini sering dijadikan sebagai tempat penelitian para ilmuan sejarah.

  • Goa Seropan

Goa ini tidak hanya memiliki stalaktit dan stalagmit yang indah, akan tetapi goa ini sangat cocok untuk Anda pecinta alam sekaligus hobi panjat tebing. Goa ini cukup ekstrim, untuk menyelusuri keindahan Goa Seropan harus dengan perjuangan yang ekstra dan menantang, begitu pula dengan panjat tebing atau rock climbingnya.

  • Goa Kalisuci

Tidak kalah menarik dari Goa Pindul, Goa Kalisuci juga goa yang dialiri oleh air bawah tanah. Untuk mencapai goa, Anda harus melewati anak tangga yang curam dan licin ketika musim hujan. Bahkan aktivitas cave tubing ini jauh lebih lama jika dibandingkan dengan Goa Pindul.

Itulah beberapa jenis wisata goa yang ada di wisata Jogja daerah Gunung Kidul dengan berbagai pesona yang tampak luar biasa. Untuk Anda pecinta wisata Alam, Gunung Kidul menjadi rekomendari wisata alam terbaik untuk Anda.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>